Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Menurun, Ini Penyebabnya

Koordinator RS Darurat Covid-19 Mayjen TNI Tugas Ratmono. (source YouTube BNPB Indonesia)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 menurun signifikan.

Hal ini disampaikan Koordinator RS Darurat Covid-19 Mayjen TNI Tugas Ratmono dalam talkshow bertema Update RS Darurat Covid-19: Trend Pasca Libur Panjang, yang disiarkan melalui channel YouTube BNPB Indonesia, Senin (2/11).

Lantas apa yang menyebabkan penurunan tingkat hunian pasien Covid-19 di Wisma Atlet? Tugas menyampaikan, hal tersebut karena karena angka pasien yang masuk lebih sedikit dibandingkan yang keluar.

“Karena memang yang masuk dibanding yang keluar lebih sedikit yang masuk, yang keluar lebih banyak,” katanya.


“Artinya, persentase keluar ini kita masukkan dalam persentase angka kesembuhan maka persentasenya juga angka kesembuhan meningkat. Inilah yang melihat bahwa kenapa jumlahnya menurun, karena yang masuk lebih sedikit dibanding yang keluar dan semakin hari angka kesembuhannya semakin meningkat,” jelasnya.

Lebih lanjut, disampaikan, penurunan jumlah pasien yang masuk dimungkinkan karena kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol masyarakat meningkat.

“Kita melihat juga ini tentunya ada suatu kesadaran dari masyarakat dengan disiplin protokol kesehatan yang mustinya akan lebih meningkat dan ini akan betul-betul diharapkan. Ini akan menurunkan suatu penularan gitu ya, rantai penularan sehingga kasusnya juga kita lihat ada penurunan,” paparnya.

“Semoga ini akan terus diberlakukan dan apa namanya, kesdaran masyarakat untuk melakukan disiplin protokol kesehatan betul-betul dilakukan dengan baik,” tandasnya.

(zul/pojoksatu/adv)