Dua WNA Positif Covid-19, Ratusan Pencari Suaka di Ciputat Jalani Tes Swab

Puskesmas Pisangan Ciputat tes swab WNA.
Puskesmas Pisangan Ciputat tes swab WNA.

POJOKSATU.id, TANGSEL – Ratusan pencari suaka di Kelurahan Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan, menjalankan tes swab yang dilaksanakan oleh Puskesmas kecamatan setempat dan International Organization for Migration (IOM).

Kepala Puskesmas Pisangan Ciputat Enting Susilawati mengatakan, lebih dari 100 orang pencari suaka dari berbagai negara mengikuti tes swab.

“Kami targetkan dari 103 orang yang dilakukan swab tes selesai hari ini,” ujar Enting, Rabu (28/10).

Adapun tes swab dilakukan berdasarkan adanya penemuan dua Warga Negara Asing (WNA) Afghanistan di rumah singgah pencari suaka tersebut yang positif terpapar Covid-19.

“Setelah ada info tersebut, kami langsung melakukan tracing di rumah singgah tersebut. Hasil tracing kami di lapangan ada kurang lebih 103 orang warga pengungsi di bawah naungan IOM yang terdiri dari 20 kepala keluarga di dua tempat,” jelasnya.

Hal tersebut, lanjut Enting, pihaknya pun melakukan langkah tes swab untuk memutus mata rantai Covid-19 terhadap para pencari suaka.

Menurutnya, hasil tes itu sendiri akan didapati setelah 3 hari sejak dilakukan tes usap ini.

“Pengungsi di sini dari mana-mana ada yang dari Somalia, Afghanistan, Irak, Myanmar. Jika dari hasil swab ini terdapat orang yang positif Covid-19, nanti dirujuk langsung ke Wisma Atlet,” katanya.

Enting menuturkan, kegiatan tes swab ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan 3M, yaitu mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Pelaksanaannya tertib, protokol kesehatan juga dijaga,” tandasnya.

Reporter : Khaerani Utari

Loading...