DPR Apresiasi Langkah Bareskrim Polri Ungkap Kabakaran Kejagung: Keraguan Publik Sudah Terjawab

mabes polri ungkap pelaku pembakar kejagung

POJOKSATU.id, JAKARTA- Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto mengapresiasi langkah Bareskrim Polri mengungkapkan kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).


“Saya mengapresiasi langkah Bareskrim begitu tanggap sehingga cepat memberikan kepastian terhadap kasus terbakarnya gedung Kejagung,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, hal tersebut sudah menjawab keraguan publik terhadap proses penyidikan oleh Baleskrim.

“Yaitu dengan menetapkannya para tersangka kebakaran gedung Kejagung,” kata Politisi Gerindra itu.


“Jadi saya kira, ini menjawab apa pernah disampaikan Jampidum bahwa Polri tetap memproses penyidikan dan sudah menetapkan tersangka,” pungkasnya anak buah Prabowo Subianto itu.

Sebagaimana diketahui, Polri menetapkan 8 orang tersangka kasus kebakaran di Kejaksaan Agung. Keputusan ini didapat dari hasil gelar perkara bersama dengan Kejaksaan Agung.

“Dengan ini, kami menetapkan 8 orang tersangka,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jumat (23/10/2020).

Namun, Argo belum menyebutkan identitas para tersangka dalam kasus kebakaran gedung Kejagung ini, termasuk inisial.

Argo mengatakan, dari hasil penyelidikan, para tersangka diketahui adanya tidak pidana. Tapi, mereka ditetapkan sebagai tersangka karena mereka dianggap lalai sehingga kebakaran terjadi di gedung Kejagung.

“Ini karena kealpaan ya,” tambah dia. Akibat kelalaian itu, para tersangka dijerat pasal 188, pasal 55, pasal 56 KUHP.

“Ancaman hukumannya 5 tahun,” ucap Argo.

(Muf/Pojoksatu)