Sekjen PAN Eddy Soeparno Sumbang Ventilator dan 5.000 Masker

Eddy Soeparno

POJOKSATU.id, BOGOR – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mendonasikan alat kesehatan (alkes) berupa dua unit ventilator dan 5.000 masker medis untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, dalam hal ini untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

Penyerahan bantuan alkes ke RSUD Kota Bogor itu ikut disaksikan oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim di Posko Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor, di Jalan Raya Pajajaran, Kamis (8/10/2020).

Bantuan itu akan dimanfaatkan RSUD Kota Bogor untuk penanganan pasien Covid-19.

Hal itu dikatakan Eddy usai penyerahan bantuan berlansung. Dari dua ventilator yang disumbangkan, satu unit di antaranya bisa dipergunakan secara mobile.


Artinya, satu unit ventilator itu bisa diangkat dan dibawa–bawa jika dalam kondisi yang darurat. Semisal dibawa untuk operasional didalam ambulans.

“Dan ini adalah sepenuhnya teknologi anak bangsa, dan di bawah koordinasi dari BPPT. Jadi betul – betul produk dalam negeri yang kita serahkan hari ini,” kata Eddy.

Eddy yang juga anggota DPR RI dari dapil Kota Bogor itu mengatakan, pihaknya juga menyerahkan sebanyak 5000 masker untuk dipergunakan juga oleh RSUD Kota Bogor. Menurut Eddy, hal ini adalah bagian dari program sebagai anggota DPR RI.

“Saya berharap bahwa apa yang kami serahkan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan bisa meringankan beban dari saudara – saudara kita yang saat ini memang terpapar Covid-19 dan membutuhkan ventilator serta masker ini,” harapnya.

Ventilator, menurut Eddy, adalah salah satu alkes yang memang saat ini dibutuhkan. Apalagi seperti yang diketahui ventilator merupakan alat bantu pernafasan, dimana Covid-19 menyerang pada organ itu. Sehingga ventilator sangat bermanfaat bagi penanganan pasien covid.

“RS itu kekurangan sekali. Bahkan di Kota Bogor kekurangan sekali, dan RSUD Kota Bogor berharap bahwa ada tambahan bantuan jika memang bisa dimungkinkan,” tambah Ketua Komisi VII DPR RI itu.

Secara nasional, masih kata Eddy, setiap anggota DPR-RI, yang saat ini berada di Komisi VII melakukan hal yang sama di setiap dapilnya.

Mengingat BPPT maupun Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) adalah mitra dari Komisi VII. “Semua bantuan ventilator,” tukasnya.

(dka/radarbogor)