Puskesmas di Kota Bogor Jadi Tempat Uji Coba Vaksin Covid 19, Bima Arya Bilang Begini

bima arya
bima arya

POJOKSATU.id, BOGOR – Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor ditunjuk menjadi salah satu tempat simulasi uji coba vaksin Covid-19.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengaku belum mengetahui penetapan Puskesmas Tanah Sareal sebagai tempat uji coba.

“Saya belum tau juga, tapi siap lah kalau ditunjuk, berarti sudah punya perhitungan, sudah memenuhi kriteria. Kita siap lah,” ujar Bima di Rumoh Kopi, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (01/10/2020).

Bima mengungkapkan beberapa persiapan harus disiapkan jika Kota Bogor dipilih menjadi tempat uji coba vaksin Covid 19.

“Kita cek faskes alkes yah dan lingkungan yah kita koordinasikan tiga hal itu dan persyaratannya apa saja, saya mempelajari dulu syarat-syarat yah dipastikan dulu lah. Kita selalu siap,” ucap Waketum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Pemerintah mulai menyiapkan rencana rinci vaksinasi Corona sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lokasi simulasi vaksinasi telah ditentukan.

Simulasi ini mulai dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan.

Rakor ini dihadiri oleh Menkes Terawan Agus Putranto, Menlu Retno Marsudi, dan Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Doni Monardo.

Kementerian Kesehatan menyatakan sudah menyusun beberapa langkah dalam kesiapan fasilitas kesehatan di Indonesia.

Sejak Senin (28/9), telah dilaksanakan pelatihan kepada tenaga kesehatan mengenai tata cara vaksinasi Covid-19 ini.

Selain itu, telah disiapkan dua puskesmas yang akan menjadi tempat simulasi, yaitu Puskesmas Abiansemal Kabupaten Badung, Denpasar serta Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor, Jawa Barat.

(adi/pojokbogor/adv)

Loading...