Inilah Wajah Orang PKI Pembunuh 7 Jenderal

Wajah PKI pembunuh jenderal dalam upaya kudeta G30S PKI

Subandrio ditahan dan dituduh melakukan pengkhianatan serta konspirasi. Bukti menunjukkan bahwa Subandrio membantu 3 juta anggota komunis untuk merencanakan dan melaksanakan kudeta, termasuk pembunuhan pimpinan militer Indonesia.

Subandrio juga dituduh sebagai penghubung Indonesia – Peking, mencuri dana pemerintah, membuat kisah-kisah mendiskreditkan Amerika Serikat dan berkonspirasi dengan Cina Merah untuk menyelundupkan senjata ke komunis Indonesia.

Tuduhan itu dibantah oleh Subandrio. Bantahan disampaikan Subandrio di pengadilan militer luar biasa.

Namun Subandrio dinyatakan bersalah oleh pengadilan militer luar biasa. Ia divonis hukuman mati.


Selain Subandrio, ratusan orang lainnya yang terlibat dalam kudeta PKI dipenjara di Lembaga Permasyarakatan Salemba. Salah satunya adalah komandan tiga divisi pelopor kudeta, Kapten Suradi.

Pembunuh Mayjen S Parman

Didukung oleh PKI, misi Suradi dan anak buahnya adalah melumpuhkan tentara dengan membunuh para perwira tinggi, merebut semua jaringan komunikasi dan melumpuhkan pemerintahan, sehingga politisi PKI dapat mengambil alih pemerintahan.

Dalam video itu juga disebutkan bahwa orang yang disebut mencoba membunuh jenderal Nasution bernama Letkol Latief. Namun upayanya gagal dan terluka saat dalam pengejaran.

Selama bergabung dengan gerakan kudeta, Latief menjadi pengarah taktik operasi.

Berikut ini video NBC yang menampilkan wajah PKI pembunuh 7 jenderal dalam upaya kudeta G30S PKI:

(one/pojoksatu)