DPR Minta Pemerintah Beri Perhatian Serius terhadap Anak Berkebutuhan Khusus

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf

POJOKSATU.id, JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf meminta Kementerian Sosial memberikan perhatian serius kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam mengakses pendidikan.


Pasalnya, sejumlah program penanggulangan penanganan sosial terhadap ABK lebih banyak digerakan oleh lembaga sosial masyarakat ketimbang pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Bukhori Yusuf saat saat Rapat Dengar Pendapat dengan Kementerian Sosial di Gedung DPR, Selasa (15/9/2020).

“Anak-anak yang memiliki masalah mental seperti autis dan lainnya, saya kira belum memperoleh perhatian secara khusus dari Kemensos, khususnya Dirjen Rehabilitasi Sosial,” ungkapnya.


Ia mengatakan, memang secara usia, ada yang berumur 18 tahun bahkan lebih, akan tetapi secara mental sebenarnya mereka berusia 6 tahun.

“Saya justru melihat sejauh ini peran publik jauh lebih intensif dalam menyentuh mereka, mulai dari penyediaan panti swadaya sampai penyusunan kurikulum belajar mereka,” ujarnya.

Oleh karena itu, tolong pemerintah bisa serius memperhatikan kondisi mereka mengingat mereka adalah aset bangsa Indonesia juga.

Berdasarkan data dari Kemendikbud, kata Bukhori, memperkirakan sekitar 70% ABK tidak memperoleh pendidikan yang layak.