TNI Bantu Ibu Melahirkan di Tengah Hutan

TNI bantu warga melahirkan di hutan. (Twitter/@tni_ad)

POJOKSATU.id, PAPUA – Foto sejumlah anggota TNI bantu ibu melahirkan di hutan beredar di media sosial. Foto tersebut dibagikan oleh akun Twitter resmi TNI Angkatan Darat, @tni_ad, Senin (6/9).

“Bantu Proses Persalinannya, Isok Sendie Dimar Ditolong Satgas Yonif 125/Siā€™mbisa,” tulisnya.

Ada tiga foto yang dibagikan akun TNI AD. Foto itu memperlihatkan tiga personil TNI membantu Isok Sendie Dimar melahirkan di tengah hutan.

Isok Sendie Dimar tampak berbaring di terpal. Sementara anggota TNI memasang infus di tangan Isok yang melahirkan anak ketiganya.


Foto lainnya menunjukkan sejumlah anak duduk di terpal menemani Isok yang baru saja melahirkan.

Peristiwa itu terjadi di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua pada Minggu 5 September 2020.

Komandan Satgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengatakan, persalinan berjalan lancar. Isok dan anak ketiganya sehat.

“Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Si’mbisa ikut membantu proses persalinan seorang ibu yang hendak melahirkan anak ketiganya,” ujar Letkol Inf Anjuanda Pardosi.

Anjuanda mengatakan, Isok Sendie Dimar merupakan warga Kampung Yakyu. Persalinannya dibantu oleh tiga anggota TNI dari Satgas Yonif 125/Si’mbisa.

Awalnya, kata dia, warga datang ke Pos untuk meminta pertolongan Satgas agar membantu persalinan Isok di tengah hutan.

Selanjutnya, Letda Inf Zul Efendi beserta dua orang anggota Tim Kesehatan langsung bergegas menuju tempat persalinan tersebut.

Setelah melahirkan, ternyata kondisi ibu Isok agak lemas sehingga Danpos Yakyu langsung memerintahkan anggotanya memeriksanya dan memasangkan infus untuk membantu memulihkan staminanya.

“Kita bersyukur, kondisi ibu Isok dan bayinya dalam keadaan sehat, sekarang tinggal proses pemulihan saja,” ucapnya.

“Apa yang kami lakukan ini adalah sebagai bagian tugas kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tambahnya.

Suami Isok, Lukas Maywa menyampaikan terima kasih atas bantuan anggota TNI, sehingga istrinya dapat melahirkan dengan selamat.

“Kami berterima kasih, berkat bantuan bapak TNI, proses persalinan istri saya dapat berjalan dengan lancar, dan sekarang tinggal pemulihan saja,” ucapnya.

(one/pojoksatu)