Peneliti Asing Kritik Jokowi Habis-habisan Lewat ‘Man of Contradiction’: Menunjukkan Sifat Terburuknya

Buku berjudul 'Man of Contradictions: Joko Widodo and the Struggle to Remake Indonesia' karya Analis Lowy Institute Ben Bland

POJOKSATU.id, JAKARTA – Analis Lowy Institute Ben Bland membeberkan sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam buku biografi yang ditulisnya dengan judul ‘Man of Contradictions: Joko Widodo and the Struggle to Remake Indonesia’.


Dalam buku yang rencananya akan dipublikasi pada 1 September 2020 itu, Bland menuliskan kisah Jokowi dari sejak nol.

Mulai dari tinggal di sebuah gubuk sederhana di tepi sungai, sukses sebagai pengusaha furnitur sampai melangkah ke dunia politik dan menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Dilansir Sydney Morning Herald yang diterbitkan pada 13 Agustus lalu, disebutkan bahwa buku itu bisa menjadi panduan bagi Australia untuk menjajaki kerjasama dengan Indonesia (Jokowi).


Bland sendiri adalah sosok yang sudah belasan kali mewawancarai Jokowi.

Mulai semasa masih menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta dan sampai pada 2014 lalu saat menjadi Presiden.

Koresponden untuk Times Financial di Jakarta, Hong Kong dan Hanoi itu mengungkap sifat Jokowi yang aneh dan gaya kepemimpinan yang tidak terorganisir.

Bland mencontohkan rencana pembangunan Ibukota baru di Kalimantan.

“Tidak ada analisis yang tepat tentang proyek infrastruktur mana yang akan paling meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas,”