Siang Ini Himpunan Mahasiswa Al Washliyah Kepung Istana dan Bareskrim, Minta Segera Copot Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir

POJOKSATU.id, JAKARTA-  Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PP HIMMAH) akan menggelar aksi di depan Istana Negara dan Mabes Polri pada Rabu (12/8/2020) siang ini.

Aksi yang digelar di dua tempat itu menuntut agar presiden segera mencopot Erick Thohir dari Menteri BUMN karena dinilai gagal membenahi BUMN serta terindikasi ada dugaan melakukan politik balas budi.

“(Erick Thohir) agar dicopot karena banyaknya informasi atau isu- isu. Bahkan yang menyeret nama BUMN seharusnya bisa meningkatkan,” kata Korlap Aksi Ramdhan Syukur saat dihubungi Pojoksatu, Rabu (12/8/2020).

Aksi yang alan digelar pada siang ini sekira jam 13.20 itu mendesak Kabareskrim agar mengusut kasus yang melibatkan Erick Thohir antara PT Panca Asmara Utama (PAU) dengan PT Rekayasa Industri (Rekind).


“Itu salah satu anak perusahaan BUMN dari PTC Pupuk Indonesia dalam program banggai ammonia palnt, pada proyek pembangunan pabrik amoniak di Kabupaten Luwuk, Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Selain itu, aksi tersebut akan melibatkan 500 massa dari berbagai Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PP HIMMAH).

“Iya segitu (500 massa), sembari nunggu kawan- kawan,” ungkapnya.

Diketahui, gelombang protes berbagai elemen masyarakat terhadap Menteri BUMN Erick Thohir terus bermunculan. Mulai dari politikus PDIP Adian Napitupulu, Ombudsman RI, Aliansi Rakyat Jambi Menggugat, Aktivis, LSM, Organ Relawan Jokowi hingga mahasiswa.

Salah satu, Relawan Bersatu Jaga Jokowi (RBJJ) mendesak agar Presiden Jokowi segera mencopot atau mereshuffle Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dari jajaran pembantunya. Pasalnya, para relawan menilai, kerja Erick sebagai menteri tidak efektif.

“Kami relawan yakin bahwa Reshuffle adalah solusi terbaik hari ini untuk menjaga kepercayaan rakyat dan menumbuhkan harapan baru bagi rakyat,” kata Koordinator RJBB, Aidil Fitri, Selasa (11/8).

(fir/pojoksatu)