MPR: Presiden Mesti Beberkan Capaian Kinerja di Sidang Tahunan, Bukan Cuma Pidato Normatif

Presiden Jokowi marah-marah dalam Sidang Kabinet Paripurna Istana Negara 18 Juni 2020 lalu

POJOKSATU.id, JAKARTA – Anggota MPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta Presiden Joko Widodo menyampaikan kinerjanya dalam Sidang Tahun MPR yang akan berlangsung Agustus 2020 nanti

Ia menilai, sidang tahunan ini akan efektif jika Presiden lebih transparan menyampaikan capaian kinerjanya kepada masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Fraksi PAN itu dalam acara diskusi bertajuk Efektivitas Sidang Tahunan MPR RI, di media Center MPR RI, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, dalam membangun demokrasi tak hanya mempertontonkan pidato, tetapi lebih transparansi dalam menyampaikan isi pidato.


Misalnya, lanjut Partaonan, terkait dengan isu terkini, seperti soal penanggulangan Covid-19, ini sangat penting untuk diketahui oleh publik.

“Kemudian ditindaklanjuti dengan serius oleh setiap Fraksi di DPR ataupun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan MPR baru itu ada pengaruhnya,” sambungnya.

Ia pun meminta DPR maupun MPR untuk terlebih dahulu menyurati Istana mengenai pidato apa yang akan disampaikan dalam sidang tahunan nanti.

“Yang paling terpenting informasi apa saat sekarang yang dibutuhkan masyarakat,” tutur Partaonan.

Kendati demikian, tambahnya, Presiden tetap harus transparan menyampaikan apa yang sudah dilakukan lembaga negara dalam menanggulangi penyakit asal kota Wuhan itu.

(muf/pojoksatu)