Kementerian PUPR Tingkatkan Jaringan Irigasi dan Pulihkan Ekonomi Pedesaan Melalui Program Padat Karya Tunai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggulirkan Program Padat Karya Tunai (PKT).

POJOKSATU.id, Batang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggulirkan Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di seluruh Indonesia.


Di tahun 2020, pelaksanaan P3-TGAI berhasil menjangkau 10.000 lokasi dengan total anggaran Rp 2,25 triliun.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi P3-TGAI di Desa Ketanggan, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). Hadir dalam kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Bupati Batang Suyono.


Menteri Basuki mengatakan, disamping membangun infrastruktur berskala besar, seperti bendungan dan bendung, Kementerian PUPR juga membangun infrastruktur kerakyatan seperti jaringan irigasi kecil sehingga air dapat mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.

Adapun tujuan utama PKT di Bidang Sumber Daya Air (SDA) ini adalah membangun dan memperbaiki saluran irigasi desa yang pengerjaannya dilakukan oleh petani atau penduduk setempat dengan diberikan upah sehingga menambah penghasilan.

Dengan tambahan penghasilan bagi petani tersebut, diharapkan jumlah uang yang beredar di desa meningkat dan menjadi stimulan pemulihan ekonomi lokal.