Fakta Ledakan di Menteng yang Berdaya Rendah, Tidak Terkait Jaringan Teroris

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto/net

POJOKSATU.id, JAKARTA-Polisi pastikan ledakan yang terjadi di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu (5/7/2020) tidak kaitannya dengan jaringan teroris.


Ledakan yang terjadi sekira pukul 15.00 WIB itu terjadi di dekat mobil Mitsubishi Pajero yang terparkir di pinggir jalan, tepat di depan rumah pemilik mobil. Namun, ledakan tersebut berdaya rendah atau low explosive.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan, dari hasil olah TKP diduga ledakan tersebut tidak ada kaitannya dengan jaringan teroris tertentu.

Pasalnya, dalam kejadian ini juga tidak ada korban jiwa. “Kalau untuk teroris kita belum menyimpulkan dan butuh pendalaman, apalagi tidak ada korban jiwa,” kata Heru saat dihubungi, Senin (6/7/2020).


Heru menyebut, mobil mewah diketahui milik karyawan di salah satu perusahaan di Jakarta.

Kini pemilik mobil tersebut tengah dilakukan pemeriksaan perihal ledakan yang bersumber dari mobinya itu.

“Karyawan perusahaan masih kita dalami,” ungkap Heru.

Heru juga belum membeberkan identitas pemilik mobil tersebut. Sebab hal itu merupakan aturan proses penyelidikan untuk mengungkap penyebab ledakan tersebut.

“Kami masih terus lakukan pemeriksaan dan pendalaman, dan identitas (pemilik mobil) masih kami tutup,” jelasnya.

Sebelumnya,  satu ledakan terdengar di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu (5/7/2020). Ledakan itu terjadi tepatnya di dekat mobil Pajero Sport B 1912 PJH.

Atas ledakan itu, Tim Gegana dan Puslabfor Polri langsung mendatangi lokasi kejadian. Dari keterangan sejumlah saksi di lokasi, sebelum terjadi ledakan sempat ada seseorang yang tidak dikenal mengendarai sepeda motor dan mendekati mobil kemudian melempar bungkusan plastik hitam.

Saat ini tim masih menunggu hasil Labfor dari alat bukti serpihan ledakan yang ditemukan di lokasi kejadian. (fir/pojoksatu)