Dibeberkan Refly Harun, Ahok Gak akan Bisa jadi Menteri, Ini Kuncinya

Presiden Jokowi dan Ahok
Presiden Jokowi dan Ahok

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyebut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak bisa jadi salah satu menteri Presiden Jokowi.

Hal itu menyusul beredarnya isu bahwa mantan terpidana kasus penodaan agama itu akan menggantikan posisi Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

Pasalnya, ada satu aturan yang membuat mantan Gubernur DKI Jakarta itu bisa menjabat menteri.

Demikian disampaikan Refly Harun dalam video yang diunggah melalui akun media berbagi video miliknya, Minggu (5/7/2020).


“Berdasarkan interpretasi saya terhadap Pasal 156 a tersebut dikaitkan dengan Pasal 22 huruf f UU Kementerian Negara 39/2008, maka Ahok bisa dipastikan tidak bisa menjadi menteri,” ujarnya.

Dalam Pasal 22 Ayat 2 UU 39/2008 disebutkan sejumlah persyaratan seseorang bisa diangkat menjadi menteri.

Di antaranya, harus Warga Negara Indonesia, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar 1945 dan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

Lalu sehat jasmani dan rohani dan memiliki integritas dan kepribadian yang baik.

Selain itu, disebutkan juga bahwa orang tersebut tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.