Ustaz Steven Indra Wibowo Ditawari Rp100 M Pindah Agama ke Kristen

Steven Indra Wibowo
Steven Indra Wibowo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ustaz Steven Indra Wibowo membuat pengakuan mengejutkan. Ia mengaku pernah ditawari Rp100 miliar untuk pindah ke agama Kristen. Namun tawaran itu ditolak.

Dalam video yang viral, Ustaz Steven mengatakan pada 2017 lalu, rumahnya didatangi orang untuk mengajaknya kembali ke agama Kristen.

Seperti diketahui, Ustaz Steven awalnya beragama Kristen, kemudian pindah ke agama Islam alias muallaf.

“Saya masuk Islam gak ada alasan duniawi, serius. Saya terakhir 2017 ada orang datang bawa 20 miliar. Wah Rp20 M ya, satu koper,” kata Ustaz Steven dalam video yang diunggah channel YouTube Yusuf Manubulu.

Orang itu, kata Steven, tidak hanya menawarkan uang, tapi juga menawarkan pekerjaan dan istri, asalkan bersedia kembali ke Kristen.

“Kalau Bung ditinggalin lingkungan kerja, kita kasih kerja Bung. Kalau ditinggal istri, kita carikan istri buat Bung,” kata Ustaz Steven mengutip pernyataan orang yang menawarinya uang.

“Kurang banyak Mas? Kita bisa tambahin. Tambah berapa Bung, 30 miliar, 40 miliar?,” tambahnya.

Pada akhirnya, orang tersebut, lanjut Steven, menawarkan uang Rp100 miliar.

Ustaz Steven kemudian menjawab tawaran itu dengan candaan.

“Padahal saya mintanya gak usah gede-gede, saya mintanya Rp25 saja,” jawa Ustaz Steven.

“Kenapa Bung kasih turun?,” tanya orang itu.

“Saya mintanya Rp25 triliun saja. Dalam hati saya Rp25 triliun itu sebanyak apa sih? Niatnya gitu doang, asli,” kata Steven.

Steven mengaku hanya iseng saat menyatakan siap pindah agama jika diberi uang Rp25 triliun.

“Niat di hati saya, saya udah niatnya benar-benar ya Allah saya pengen lihat dong wujud Rp25 triliun itu kayak gimana. Jadi hati-hati nih tukang iseng.,” katanya.

Steven menegaskan tidak akan pernah pindah agama lagi meski dibayar uang triliunan.

“Saya gak ada niat untuk kembali ke sana (Kristen), ngapain. Kalau saya mau pindah ke sana, gak usah orang itu datang. Bapak saya aja langsung baptis, bisa kok,” tandas Ustaz Steven.

Menanggapi kesaksian Ustaz Steven, Yusuf Manubulu mengatakan hal itu bisa memperburuk citra Kristen.

“Kesaksian dari Ustaz Steven bisa berdampak buruk terhadap keberadaan dari kekristenan, khususnya kekristenan yang ada di Indonesia,” ucapnya.

“Karena kesaksian dari Steven, dia mengatakan kalau tahun 2017 ada ada orang yang datang ke rumahnya dengan membawa sejumlah uang sebesar Rp20 miliar untuk ditawarkan kepada Steven agar Steven ini balik meninggalkan Islam untuk kembali kepada Tuhan Yesus,” tambahnya.

Menurut Yusuf Manubulu, pernyataan Ustaz Steven membuat citra Kristen negatif, seolah-olah Kristen menggunakan misi dagang.

“Di sini ada hal yang membuat kekristenan itu menjadi negatif, seolah-olah kekristenan itu di dalam menjalankan misi, di dalam menjalankan tugas pemberitaan Injil itu memakai sistem dagang, mekakai sistem jual beli dan segala sesuatu yang diukur dengan uang,” ucapnya.

“Saya rasa Steven ini tahu betul tentang kekristenan bahwa kekristenan ini adalah agama yang serendah itu. Bukan agama yang berdiri di atas rupiah atau di atas uang,” tandas Yusuf Manubulu.

Selengkapnya lihat video pengakuan Ustaz Steven Indra Wibowo dan Yusuf Manubulu berikut ini:

(one/pojoksatu)