Beredar Foto Mata Novel Baswedan Pasca 3 Kali Operasi, BW: Keadilan Tengah Dikoyak, Dicaci dan Dikuliti

Bambang Widjojanto
Bambang Widjojanto

POJOKSATU.id, JAKARTA – Foto mata Novel Baswedan pasca tiga operasi pada tahun 2018 lalu beredar di media sosial. Foto tersebut dibagikan oleh akun @paijodirajo.

“Ini adalah bentuk MATA KIRI Novel Baswedan pasca 3 kali operasi di tahun 2018,” @paijodirajo, Sabtu (13/6).

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto (BW) mengomentari postingan @paijodirajo.

“LUAR BIASA. Mata kolega MU, sesama Penegak Hukum (PH), dirusak. Pelakunya jg PH, melawan kewajiban jabatannya, sarana yg dipakai mematikan (air keras), niatnya serius (subuh), serangan pd bagian vital dr organ (mata). Kejahatan serius tp dituntut sgt ringan. Apk sdg caci & hina korps PH?,” kata BW.

BW juga mengomentari postingan Novel Baswedan yang bertanya kepada Presiden Jokowi tentang proses hukum terhadap pelaku penyiraman air keras.

“KeaDILAN tengah dikoyak, dicaci dan dikuliti. Jika TAK DIKOREKSI, qta tengah memprovokasi “lakukan sj kebrutalan sesuka hati” & jadilah bagian dr “kepentingan & kekuasaan”, dipastikan, hukumannya akan ringan. Dimanapun, DILAN adl sumber inspirasi utk runtuhkan KEZALIMAN!,” tegas BW.

Sebelumnya, Novel Baswedan bertanya kepada Jokowi mengapa pelaku penyiraman air keras hanya dituntut satu tahun penjara.

“Pak Presiden @jokowi, proses penegakan hukum hingga tuntutan 1 tahun thd penyerang saya, apakah seperti itu penegakan hukum yg bapak bangun atau ini ada rekayasa/masalah dibalik proses itu? Sebaiknya bapak merespon agar ini jelas,” kata Novel.

Novel Baswedan
Novel Baswedan

Seperti diketahui, Novel Baswedan harus menjalani beberapa kali operasi akibat mata kirinya disiram air keras.

Operasi dimulai dengan pembersihan mata dari katarak dan menyedot cairan glukoma di bola mata kiri.

Selanjutnya, dokter mencabut dan meleburkan satu gigi yang paling kuat, yaitu gigi taring, kemudian memotong dan mencabut gusi yang akan digunakan melapisi mata.

Tahap selanjutnya, dokter membuat retina artifisial dari gigi yang tersebut menjadi “ring”.

Pelapis retina artifisial itu juga berasal dari kulit gigi. Retina artifisial tersebut tidak langsung dipasang di mata, melainkan ditanam dahulu di dalam pipi selama 2 bulan untuk menjadi retina baru.

Pada operasi besar tahap kedua, retina artifisial itu dicabut dari pipi, kemudian ditanam ke dalam bola mata kiri Novel Baswedan.

(one/pojoksatu)