Pulau Tidung Kembali Dibuka Untuk Umum Besok, PMI DKI Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Plt. Ketua PMI DKI Jakarta H. Muhammad Muas

KEPULAUANSERIBU- Jelang kedatangan wisatawan seiring dibukanya kembali akses ke Kepulauan Seribu, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Jumat (12/6).


Petugas menyasar pemukiman di Pulau Tidung mulai dari rumah warga hingga homestay atau penginapan. Fasilitas umum juga disemprot seperti Jembatan Cinta yang jadi ikon Pulau Tidung.

Plt. Ketua PMI DKI Jakarta H. Muhammad Muas mengatakan pada penyemprotan disinfektan itu dilakukan dengan mengerahkan relawan dan peralatan yang ada seperti bentor juga spraying.


“Hari ini kita siapkan bentor, spraying dan didukung PMI pusat, hampir semua relawan yang ada kita kerahkan semua,” ungkap Muas.

Lebih lanjut Muas menjelaskan, disinfektan akan rutin dilakukan selama tiga bulan hingga Juli mendatang dan akan dievaluasi agar dapat data yang sesuai.

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan di salah satu home saty Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Jumat (12/6)

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan dalam rangka persiapan jelang dibukanya akses wisatawan pada 13 Juni 2020 mendatang.

“Jadi kegiatan ini dilakukan dalam rangka kita laksanakan masa transisi dimana lokasi dan fasilitas baik pantai, tempat rekreasi dibuka 13 Juni dengan protokol kesehatan,” kata Junaedi, Jumat (12/6).

Setiap homestay atau penginapan di Kepulauan Seribu hanya boleh dibuka maksimal 50 persen dari total daya tampung.

Selain itu para pengelola juga wajib menyediakan fasilitas seperti tempat cuci tangan ata hand sanitizer.

“Diharapkan pemilik homestay bisa buat tempat cuci tangan salah satu upaya pencegahan,” kata Junaedi.

(dhe/pojoksatu)