PSBB Transisi, MRT Jakarta Mulai Dibuka Hari Ini, Penumpang Per Gerbong Isinya Cuma Segini

Uji coba MRT di Jakarta. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
MRT Jakarta. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sejalan dengan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masuk masa transisi, MRT Jakarta akan mulai beroperasi secara normal sejak hari ini, Jumat (5/6).


“Mulai hari ini, MRT Jakarta akan kembali beroperasi normal dengan membuka seluruh 13 stasiun,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar, Jumat (5/6).

William menjelaskan, MRT Jakarta akan kembali beroperasi mulai pukul 05.00 sampai dengan 21.00 WIB. Sementara untuk akhir pekan melayani mulai pukul 06.00 sampai dengan 20.00 WIB.

Selanjutnya, jarak antarkereta (headway) pada hari kerja adalah setiap 10 menit dan di akhir pekan setiap 20 menit.


Namun demikian, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, meski transportasi umum diizinkan kembali beroperasi, untuk kapasitas penumpang hanya diperbolehkan 50 persen dari kondisi normal.

Untuk itu MRT Jakarta menerapkan pembatasan jumlah penumpang 62-67 orang per gerbong atau 390 orang per rangkaian kereta. William menegaskan.

PT MRT Jakarta akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang selama ini telah dilaksanakan. Seperti pemeriksaan suhu tubuh dan mewajibkan pemakaian masker bagi penumpang.

“Selain itu, selalu mengedukasi penumpang untuk selalu menjaga jarak, rajin mencuci tangan, serta tidak berbicara, baik satu atau dua arah, selama di dalam kereta dan area peron stasiun,” pungkasnya.

(sta/rmol/pojoksatu)