Ganjil Genap Kembali Diterapkan Seminggu Mendatang, Tapi…

Dirlantas PMJ Kombes Yusuf membagikan pamflet ujicoba perluasan kawasan pengendalian lalu lintas Ganjil Genap di Pancoran, Senin (2/7/2018)
Dirlantas PMJ Kombes Yusuf membagikan pamflet ujicoba perluasan kawasan pengendalian lalu lintas Ganjil Genap di Pancoran, Senin (2/7/2018)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Kebijakan ganjil-genap kemungkinan diterapkan lagi di Ibu Kota pada 12 atau 13 Juni 2020 mendatang.


“Kami pastikan untuk waktu sekitar tanggal 12 atau 13 nanti akan ada keputusan apa nanti ganjil-genap bisa diberlakukan,” ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 5 Juni 2020.

Sebelum keputusan tersebut diambil, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kini tengah melakukan evaluasi dan analisa apakah kebijakan gage harus segera diterapkan lagi di Jakarta atau tidak. Evaluasi ini dilakukan selama tujuh hari kedepan mulai hari ini. Dimana sejak hari ini, pencabutan sementara gage kembali dilakukan.

Polisi akan melihat bagaimana situasi dan kondisi saat kebijakan gage kembali dicabut namun dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar transisi. Sebelumnya kebijakan gage diacabut saat masa PSBB. Evaluasi sendiri melibatkan pihak Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.


“Mudah-mudahan hari keenam sudah ada keputusan apakah nanti akan ada pembukaan ganjil genap kembali,” katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali memperpanjang pencabutan sementara kebijakan ganjil-genap di Ibu Kota. Pencabutan sementara kebijakan Gage di Ibu Kota buntut pandemi corona covid-19. Di mana sejauh ini pencabutan sementara dilakukan sejak 29 Maret 2020 hingga 4 Juni 2020.

Perpanjangan ini dilakukan mulai 5 Juni 2020 hingga sepekan ke depan. Untuk itu, hari ini sampai sepekan ke depan kendaraan roda empat yang memiliki nomor polisi ganjil maupun genap masih bisa lalu lalang di Ibu Kota secara bersamaan tanpa akan ditindak polisi.

(dhe/pojoksatu)