Catat! Warga yang Ingin Kembali ke Jakarta, Wajib Penuhi Syarat Ini


POJOKSATU.id, JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) mengimbau seluruh warga yang telah meninggalkan wilayah Jabodebatek selama pandemi Corona, agar tidak kembali sembarangan.

Pasalnya, serangkaian persyaratan harus dipenuhi jika ingin menginjakkan kaki lagi ke ibu kota.

Hal tersebut diinfokan lewat akun resmi @kemenkominfo, Selasa (26/5/2020). “Jangan kembali ke Jakarta dulu! Buat warga yang telah meninggalkan Jabodetabek sebelum Lebaran, tidak perlu buru-buru kembali ke Jakarta,” tulis akun tersebut

Sebelum kembali, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi yaitu Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan bila menggunakan transportasi udara, harus ada surat bebas Covid-19 dengan hasil tes swab PCR dari kota keberangkatan.

Untuk keterangan lebih lanjut, warga diminta cek ketentuannya di: komin.fo/sikmjabodetabek.

Postingan ini mendapat respon beragam dari netizen, termasuk menyoroti mahalnya harga tes swab hingga surat palsu Covid-19.

“Harga test SWAB mandiri ke rumah sakit rujukan mahal. Bakalan banyak orang yg gak mau buat SWAB. Akhirnya gak punya surat bebas covid19, akhirnya gak bisa balik ke Jakarta. Akhirnya Jakarta gak padat lagi. Oklah mantab. Sebenernya bukan kepada sepi enggak Jakarta si tapi lebih kepada melalang buananya jika ada OTG dan ODR yang memaparkan virus kemana2. UDAH DIRUMAH AJA NYEMIL RENGGINANG DALEM TOPLES KHONG GHUAN 👍👍👍,” komen yanuarhadiramadhan.

“Hati-hati oi @kemenkominfo, ini Indonesia. Bakal ada surat keterangan palsu entar kalau ente ama kawan-kawan lengah kaya kasus kemarin yang dijual di olshop,” komen @m.alfendy. (nin/pojoksatu)