Mau Balik ke Jakarta Tak Punya SIKM? Begini Solusinya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan peringatan keras bagi pemudik. Warga yang terlanjur pulang kampung namun tidak mengantongi Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) dipastikan akan dipersulit jika ingin kembali ke Jakarta.

Pemudik yang tidak punya SIKM dipastikan tidak akan bisa kembali ke Jakarta karena mereka akan dicegat petugas gabungan yang siaga 24 jam di semua pintu masuk Ibu Kota.

Sikap tegas Pemprov DKI Jakarta ini tidak lepas dari pelaksanaan PSBB yang diperpanjang hingga 4 Juni mendatang. Bagi Anies, perpanjangan ini adalah fase menentukan. Masa transisi menuju ke kenormalan baru atau New Normal.

BACA JUGA: Beredar Seruan Waspada Rapid Test Massal untuk Habisi Ulama Indonesia, Ini Penjelasan MUI

Skenario New Normal ini bisa saja kaca balau jika terjadi gelombang kedua penyebaran Covid-19. Padahal, Anies mengklaim sejauh ini PSBB di Jakarta sudah berjalan sangat baik. Ia tidak ingin skenario itu dirusak oleh pemudik yang ternyata carrier (pembawa virus).

Guna mengatisipasi hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 47 Tahun 2020 tentang Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM), yang mengatur tentang persyaratan mutlak yang wajib dimiliki bagi warga yang hendak masuk ke wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Tradisi-Mudik-di-Indonesia

Tradisi Mudik di Indonesia

Lalu bagaimana jika ternyata ada warga yang tak mengantongi SIKM saat mudik sebelum lebaran dan kini hendak kembali ke Jakarta?

Anies menjelaskan bahwa dalam Pergub tersebut, warga bisa memperoleh SIKM melalui laman resmi corona.jakarta.go.id atau bit.ly/SIKMJABODETABEK

Dalam situs tersebut juga mengatur bahwa sektor yang diperbolehkan untuk keluar-masuk wilayah DKI Jakarta hanya meliputi bidang kesehatan, keuangan, logistik, industri strategis, bahan pangan, energi, perhotelan.

Browser anti blokir Kojop sudah bisa diunduh di Play Store, klik bit.ly/kojop