Nostalgia Pemain Preman Pensiun 4 yang Belajar Makna Hidup dari Balik Jeruji Besi


POJOKSATU.id, BANDUNG- Sinetron Preman Pensiun yang tengah tayang di stasiun tv RCTI, kini banyak dinikmati masyarakat selama hampir sebulan terakhir.

Para pemeran yang kocak dalam sinetron tersebut, rupanya punya pengalaman tersendiri sebelum terjun ke dunia akting.

Denny Firdaus (Murad), Ica Naga (Pipit) lalu Mang Uu (Kang U’u) dan Iyang Sule sebagai Willy, merupakan alumni Rutan Kebonwaru Bandung.

Peran mereka berempat di sinetron, ternyata berlatar belakang kehidupan mereka di masa lampau.

Sejumlah pemain sinetron Preman Pensiun 4 menyambangi Rutan Kebonwaru di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (22/5/2020) sore.

Kedatangan mereka, sebagian pernah jadi ‘penghuni’‎ rutan tersebut.

Pemeran Williy misalnya, dirinya baru bebas dari Rutan Kebonwaru pada 2019 lalu, karena kasus pencurian dengan pemberatan.

“Saya banyak belajar dari dalam jeruji besi ini, setelah bebas saya diajak casting film ini, ” tutur pria yang sukses dalam perannya di Preman Pensiun 4, Jumat (22/5).

Sama halnya dengan Ica Naga selaku pemeran Pipit, juga pernah penghuni namun sudah lama bebas. Setelah bebas, keduanya sukses di film yang tayang menemani makan sahur selama bulan puasa itu.

“Bakti tertinggi saya kepada jajaran Rutan Kelas I Bandung Kebonwaru. Tahun kemarin saya masih disini,” kata Iyang Sule, alias Wili, disambut tepukan tangan.

Kata dia, ada pengalaman dan pelajaran penting selama jadi penghuni Rutan Kebonwaru. Pelajaran yang ia terima, ia buktikan dengan sukses di film Preman Pensiun 4.

“Alhamdulillah karena tekad disini dijadikan tempat untuk mengasah dan berpikir dan jadi cambuk. Setelah keluar lebih berguna. Teralis besi bukan akhir dari hidup ini, terima kasih Rutan Klas 1 Bandung sudah membina saya,” katanya.

Sedangkan Deni Firdaus alias Murad mengaku bersyukur bisa berbagi. Kedatangannya ke Rutan Klas I Bandung dia berharap jadi pelajaran penting.

“Belum tentu saya tadi bilang di dalam, ketika saya seperti mereka, saya belum tentu kuat. Jadi saya simpulkan kalau mereka yang di dalam mereka lebih kuat dari saya,” terangnya.

Ica Naga juga memberi testimoni saat jadi penghuni. Ia banyak belajar selama di dalam.

“Sebenarnya ada pengajian bisa ngaji, ada ibadah bisa jadi ibadah, bisa belajar dan berkarya,” ucapnya.

Kepala Rutan Bandung, ‎‎Riko Stiven menerangkan, pihaknya kedatangannya tamu spesial dari pemeran Preman Pensiun yang jadi ikon Bandung.

“Kedatangannya memberikan motivasi dan semangat. Eks Rutan Kebonwaru bisa jadi pemeran Preman Pensiun, inilah bukti bahwa jeruji besi tidak halangi seseorang untuk berkarya setelah keluar,” pungkasnya.

(arf/pojoksatu)