Lima Wilayah di Jabar Berstatus Level Hijau, MUI Tetap Imbau Warga Salat Id di Rumah

Ilustrasi Shalat Idul Adha
Ilustrasi Shalat Idul Adha

POJOKSATU.id, BANDUNG – Pemprov Jabar menetapkan lima wilayah ke dalam zona atau level hijau.

Lima wilayah tersebut antara lain Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sumedang. Kelimanya masuk ke level hijau dan mendapatkan skor 18.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar menegaskan, warga di lima wilayah level hijau tetap diimbau untuk melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing.

“Saya menghimbau agar tetap melaksanakan ibadah di rumah. Sebab, penularan corona sulit ditebak dan mulai menjangkiti orang tanpa gejala. Alangkah baiknya, terlebih dahulu mencegah mafsadah,” paparnya, saat dihubungi Jumat (22/5).

Imbauan ini dikeluarkan, agar masyarakat tetap melaksanakan Salat Id di rumah. “Ini sebagai tindakan hati-hati karena walaupun itu di zona hijau, ini kan persoalannya kan penularan ini sudah ditebak,” jelasnya.

Sementara, jika masih ada warga yang abai terhadap imbauan MUI, Rafani menyerahkan penindakan kepada pemerintah dan instansi terkait.

“MUI, hanya bertugas dan memiliki kekuatan di ranah fatwa. Pelanggar diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah, karena itu kan ranah eksekusi, kalau MUI kan kekuatannya hanya di fatwa saja,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memaparkan, presentase pergerakan manusia di tiap level berbeda. Untuk level 5 tidak diperbolehkan ada kegiatan sama sekali atau lockdown, level 4 kegiatan hanya boleh berada di angka 30 persen.

Kemudian level 3 kegiatan boleh mencapai angka 60 persen, level 2 diperkenankan berkegiatan 100 persen tapi tak boleh berkerumun, sedangkan level 1 merupakan kondisi normal.

(rif/pojoksatu)