7 ABK Kapal Ro-Ro Kirana III Positif COVID-19, 28 Orang Karantina Mandiri


POJOKSATU.id, SURABAYA – Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Nyono mengatakan ada 7 orang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Ro-Ro (roll on-roll off) atau Kapal Motor Penumpang (KMP) Kirana III milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat ini mereka sudah dirawat isolasi di Rumah Sakit PHC Surabaya.

“Jadi pada 12 Mei lalu 35 orang ABK di KMP Kirana III milik PT DLU dilakukan tes swab. Hasilnya 7 ABK positif,” ujarnya.

Nyono menambahkan ada 28 ABK KMP Kirana III yang dinyatakan reaktif rapid tes harus menjalani karantina mandiri di atas kapal.

Menurutnya penerapan karantina di dalam kapal di zona karantina untuk ABK sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Sedangkan aturan dari Syahbandar, harus ada yang menunggu (kapal). Jadi ABK itu menunggu kapal sekaligus karantina. Saat ini kapalnya di zona karantina di atas buoy 2 dan 3 pelabuhan Tanjung Perak,” ujarnya.

Sebelumnya 16 dari 90 ABK KMP Awu dinyatakan reaktif rapid tes dan harus menjalani perawatan di Rumah Sakit PHC Surabaya. Sedangkan 74 ABK yang negatif menjalani karantina mandiri di atas kapal. “Untuk yang positif rapid tes itu, lsudah dilakukan swab, dan masih menunggu hasilnya,” jelasnya.

Meski demikian Nyono mengaku belum mengetahui asal KMP Awu. Namun informasi yang didapatkan kapal ini sudah ngedok sekitar semingguan di Pelabuhan Tanjung Perak.

(dhe/pojoksatu/jpr)