Sandiaga Uno Blak-blakan ke Aa Gym Bicara Kekalahan di Pilpres 2019 dan Kehilangan Banyak Uang

Presiden Jokowi bertemu dengan Sandiaga Uno di pelantikan pengurus HIPMI 2019-2022 di Hotel Raffles Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).
Presiden Jokowi bertemu dengan Sandiaga Uno di pelantikan pengurus HIPMI 2019-2022 di Hotel Raffles Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sandiaga Uno blak-blakan menceritakan kekalahan di Pilpres 2019 dan kehilangan uang dalam jumlah besar dalam pesta demokrasi itu.


Hal itu disampaikan Sandiaga Uno kepada KH Abdullah Gymnastiar dalam bincang Ramadan virtual bersama Aa Gym, baru-baru ini.

Dai kondang itu mengawali dengan menanyakan kondisi Sandiaga saat mengetahui hasil pilpres tidak berpihak kepada dirinya.


Sandiaga mengaku dirinya syok setiap ke daerah-daerah, selalu mendapati antusiasme masyarakat yang cukup tinggi.

“Namun, setelah saya melihat data dan kemudian mendengar nasihat guru-guru saya termasuk Aa Gym juga, saya akhirnya bisa ikhlas bahwa jabatan itu hanya amanah,” jawabnya.

“Kalau di Pilgub DKI saya dapat amanah itu, di Pilpres belum diizinkan,” sambung Sandiaga.

Dai yang akrab disapa Aa Gym itu lantas menyinggung besarnya modal yang dikeluarkan untuk bisa maju dalam kontestasi tersebut.

Diakui Sandiaga, bahwa dirinya mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

“Uang yang saya kumpulkan selama jadi pengusaha terkuras banyak di pilpres. Namun, saya berusaha ikhlas, saya anggap itu ibadah saja. Alhamdulilah, saya dan keluarga masih bisa makan tiga kali sehari,” tuturnya.