Mahfud MD Beberkan Fakta-Fakta Pemerintah Tak Pernah Remehkan Covid-19, Detil Sejak Wuhan Diserang Wabah

Menko Polhukam Mahfud MD. Foto net
Menko Polhukam Mahfud MD.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menkopolhukam Mahfud MD membeberkan fakta-fakta penting pemerintah ternyata tidak selambat yang dibayangkan tengani wabah covid-19.


Mahfud mengungkapkan dalam rapat kerja bersama Komite I DPD ia menyampaikan pada 28 Januari 2020 sudah diputuskan untuk menutup penerbangan Indonesia-China.

“Maaf, dlm raker dgn Komite I DPD (8-5) sy bilang 27-12-2019 kita sdh putuskan menutup penerbangan Indonesia-RRT. Yg benar 28-1-2020, 5 hr stlh Wuhan dinyatakan lockdown krn covid 19 (23-1-20). Kasus Covid di Indonesia baru ditemukan 1 bln stlh itu, 2-3-20,” ungkapnya lewat cuitan di Twitter, Minggu (10/5/2020).

Mantan Ketua MK ini juga mengungkapkan bahwa tidak benar pemerintah menyepelekan virus yang berasal dari Wuhan, China itu.


Bahkan itu juga sudah ada upaya-upaya pencegahan jauh sebelum virus covid-19 ditemukan di Indonesia.

“Info selebihnya benar bhw stlh itu kita menjemput ratusan WNI yg ada di Wuhan dan mengkarantinanya di Natuna. Awal Pebruari kita jg sdh mengumumkan mendirikan rumah sakit khusus utk penyakit menular (corona) yg kemudian ditempatkan di P. Galang. Awal Maret Covid pertama ditemukan,” ujarnya.

Mahfud sampai harus mengungkapkan pemberitaan rencana Presiden menyiapkan pulau kosong khusus untuk menangani penyakit menular, bukan hanya untuk corona.

“Ini berita awal Pebruari (sebulan sblm kasus covid 19 ditemukan di Indonesia) Pemerintah sdh mengumumkan pembangunan rumah sakit khusus utk menangani corona dan penyakit menular lainnya. Jd sejak awal kita sdh mitigasi korona tetapi meminta kita tdk panik,” tegasnya.

(sta/pojoksatu)