TKA China Tiba-tiba Meninggal di Sulawesi, Ditangani Pakai Protap Corona

Proses evakuasi jenazah TKA China di Sulawesi Tengah menggunkan protap Covid-19
Proses evakuasi jenazah TKA China di Sulawesi Tengah menggunkan protap Covid-19

POJOKSATU.id, JAKARTA – Seorang TKA China ditemukan meninggal dunia di kamar mess-nya. TKA tersebut bekerja di perusahaan baja PT Dexin Steel Indonesia (DSI) Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (1/5) lalu.

Diduga, TKA China itu meninggal lantaran serangan jantung. Akan tetapi, penanganan jenazah dilakukan sebagaimana protap korban Covid-19.

Atas kejadian itu, pemerintah daerah harus melakukan pemeriksaan menyeluruh di kawasan perusahaan tempat TKA tersebut selama ini bekerja.

“Kita perlu sekali mengambil langkah pencegahan,” ujar Anggota Komisi IX DPR RI Sri Wulan.


Hal ini perlu dilalukan sebagai langkah antisipasi.

“Jangan sampai tindakan yang tidak tegas dari pemerintah bisa berdampak bencana kemanusiaan di Sulteng,” ingatnya.

Politisi Partai Nasdem ini menyatakan, perusahaan juga wajib membangun fasilitas kesehatan yang memadai dan memastikan perusahaan mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada karyawan.

Anak buah Surya Paloh ini juga mendesak agar PT DSI melakukan tes cepat (rapid test) Covid-19 terhadap seluruh pekerja di dalam kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Meski korban telah ditest dan hasilnya negatif.

“Bukan hanya untuk mengetahui positif atau tidak saja, tetapi juga kan untuk mengetahui kondisi masing-masing karyawan semua karena hal ini sangat penting sebagai langkah antisipatif dan menjaga semua,” paparnya.