Peran Rizal Ramli Bantu Jokowi Negosiasi Proyek dengan Jepang, Ini Foto Kedekatannya

Rizal Ramli dan Jokowi/Twitter

POJOKSATU.id, JAKARTA – Memasuki bulan suci Ramadhan yang dilaksanakan di tengah imbauan physical distancing, tokoh nasional DR. Rizal Ramli tampak sedang giat mengunggah foto lama ke akun media sosial.


Mulai dari foto pernikahan anaknya dan orang-orang terdekat, hingga teranyar mengunggah foto dirinya bersama Presiden Joko Widodo. Foto itu diambil tatkala Jokowi baru menjabat jadi gubernur dan berkunjung ke kantor Rizal Ramli.

“Foto lama: Gubernur Joko Widodo ketika berkunjung ke kantor RR tahun 2013,” ujarnya dalam unggahan di Twitter pribadi, Minggu (26/4).

Adapun maksud dari kedatangan Jokowi kala itu adalah meminta bantuan kepada Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut. Bantuan berkaitan dengan rencana Jokowi membangun moda transportasi massal, MRT.


“Ketika itu gubernur minta bantuan RR renegosiasi dengan Jepang soal MRT,” tegasnya.

Mantan Menko Kemaritiman itu dengan senang hati membantu. Sebagai penasihat panel PBB, Rizal Ramli bisa dengan mudah membicarakan itu dengan tokoh dunia di markas PBB di New York.

Hasilnya, RR berhasil berbicara dengan Direktur Japan International Cooperation Agency (JICA), Tanaka dan yang bersangkutan menyampaikan persetujuannya.

“Tanaka setuju,” tutupnya.

(sta/rmol/pojoksatu)