Arab Saudi Setop Sementara Umrah, Travel Umrah di Daerah Panik: Pagi Ini Saya ke Jakarta Urus Kabar Itu

Tanah Suci Mekkah
Tanah Suci Mekkah

POJOKSATU.id, BANDUNG – Sejumlah travel umrah langsung bergerak cepat pasca keluarnya informasi penghentian sementara izin umrah dikarenakan wabah virus corona.

Travel umrah asal Bandung, Qiblat Tour, salah satu yang segera bereaksi atas kabar tersebut.

“Pagi ini saya menuju ke Jakarta, guna membahas perihal tersebut. Terkait penangguhan visa itu memang benar menjadi keputusan pihak kerajaan Arab Saudi,” ungkap Direktur Utama Qiblat Tour, Wawan, kepada Pojoksatu.id, Kamis (27/2).

BACA JUGA: Indonesia Masuk Daftar Penghentian Sementara Umrah, Ini Keterangan Kemenlu Arab Saudi

Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar 22 negara yang disetop sementara izin umrah dan berkunjung ke Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi memastikan itu dilakukan demi mengantisipasi penyebaran wabah virus corona di negara mereka.

“Berdasarkan kriteria yang ditetapkan otoritas kesehatan Arab Saudi, sementara hal ini disuspen.” ungkap Kementerian Luar Negeri Arab Saudi melalui akun Twitternya, Kamis (27/2/2020).

Namun demikian, otoritas Arab Saudi masih memungkinkan mengevaluasi penghentian sementara tersebut setelah melewati evaluasi.

“Menegaskan langkah ini hanya sementara dan dapat dievaluasi oleh otoritas terkait,” demikian dilaporkan.

Bukan saja pelarangan aktivitas umrah, Arab Saudi juga melarang pengunjung asing mendekati kawasan Masjid Nabawi.

Otoritas menutup sementara kawasan wajib bagi pengunjung muslim di tanah suci itu.

“Kunjungan masuk ke Kerajaan Arab Saudi untuk tujuan Umrah dan atau kunjungan ke Makam Nabi di Madinah untuk sementara ditutup,” tegasnya.

(arf/sta/pojoksatu)