Ratusan Siswa SMPN 1 Turi Hanyut, Kok Maksa Padahal Hujan

Petugas gabungan diterjunkan ke lokasi untuk mencari siswa SMPN 1 Turi, Sleman yang hanyut diterjang banjit Sungai Sempor. Foto: Radar Yogyakarta
Petugas gabungan diterjunkan ke lokasi untuk mencari siswa SMPN 1 Turi, Sleman yang hanyut diterjang banjit Sungai Sempor. Foto: Radar Yogyakarta

POJOKSATU.id, SLEMAN – Ratusan siswa SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta hanyut usai diterjang banjir Sungai Sempor, saat mengikuti kegiatan pramuka, Jumat (21/2/2020) petang.


Peristiwa itu terjadi di Lembah Sempor, Dusun Dukuh, Donokerto, Turi, Sleman yang diikuti siswa dari kelas 7 dan 8.

Diketahui, kegiatan Susur Sungai Sempor itu diikuti 257 siswa. Saat kegiatan berlangsung, tiba-tiba datang banjir yang menyapu ratusan siswa.

Salah seorang wali siswa, Triani (25) mengaku sangat syok saat mendengar kabar tersebut.


Warga Kembangarum, Wetankali, Turi ini mengetahui peristiwa nahas itu melalui grup PKK di kampungnya.

“Posisi tidak tahu ponakan saya ikut dalam kegiatan itu. Saya tahu dari grup PKK dan langsung ke sini (lokasi kejadian),” ujarnya ditemui di lokasi kejadian, dikutip Radar Yogyakarta.

Dia sangat menyayangkan kejadian ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini harusnya juga melihat kondisi cuaca.

“Harusnya di-pending atau cari lokasi (sungai) yang nggak sebesar itu. Di sungai kecil kan bisa, apalagi cuacanya nggak baik seperti ini,” sesalnya.

Sementara, salah satu siswa selamat, Nursyifa Nadhillah (14), kegiatan itu dimulai saat cuaca mendung dan jalan sudah hujan.

Saat itu jalan dengan berpegangan, dan tiba-tiba ada air datang dari sisi atas sungai yang langsung menyapu sejumlah siswa.

“Teman tersebut langsung ditolong guru, tapi guru tersebut juga ikut hanyut,” ujarnya.