Bukan Amien Rais, Tokoh Sentral PAN Sekarang Ada di Zulkifli Hasan, tapi Berat…

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto ist
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto ist

POJOKSATU.id, JAKARTA – Paska kembali terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai Amanat nasional, Zulkfili Hasan dipandang harus menjadi tokoh sentral dalam menjalankan roda organisasi partai.


Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, Jumat (14/2). Menurut Ali, proses konsolidasi PAN akan berjalan efektif apabila dipimpin langsung oleh Zulhas.

Salah satu dampaknya ambang batas parlemen di pemilu 2024 juga akan dilampaui dengan mudah.

“Tanpa konsolidasi tidak dipimpin Zulhas PAN akan sulit lolos PT (parlementary Threshold) di pemilu 2024 mendatang,” kata Ali.

Selain itu, Ali menyebutkan bahwa PAN dibawah kepemimpinan Zulhas harus bertransformasi menjadi partai modern yang tidak menjadi kekuatan oligarki baru.

Kata Ali, PAN nantinya harus bisa bekerja berbasis sistem dan manajemen.

Dampak jangka panjangnya PAN akan menjadi partai yang tidak bertumpu pada satu figur seperti sebelumnya yakni Amien Rais.

Diketahui Amien Rais selama ini kerap menentukan arah angin politik partai berlambang matahari putih itu.

“PAN harus bertransformasi jadi partai modern. Cirinya adalah tidak tergantung pada figur tunggal. Jadi ada pelembagaan (institusionalisasi) partai. Zulhas bisa melakukan modernisasi partai melalui pelembagaan yang apik,” ujarnya.

(sta/rmol/pojoksatu)

loading...

Berita Terkini