Pengaruh Amien Rais Musnah di Tubuh PAN, Zulkifli Hasan Lebih Fleksibel ke Jokowi


POJOKSATU.id, JAKARTA – Kembali terpilihnya Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) memberi sinyal tak ada lagi hegemoni Amien Rais.


Zulhas kembali menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) setelah unggul telak dari dua kandidat lainnya, Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rifan mengatakan, secara politik, terpilihnya Zulhas kembali sebagai Ketua Umum PAN menandai beberapa hal.

“Pertama pengaruh Amien di partai berlambang matahari itu telah memudar. Artinya, Amien bukan lagi vote player tunggal di PAN,” ujarnya, Rabu (12/2).

Kemudian, Ali menambahkan, arah PAN mendatang bukan lagi ditentukan arah politik Amien Rais. Selain itu, dari konteks pemerintahan, terpilihnya Zulhas juga sangat menguntungkan.

Sebab dirinya dinilai lebih cair dengan pemerintah ketimbang Amien Rais yang selalu menentang pemerintah.

Jika melihat situasi tersebut, lanjut Ali, posisi oposisi pemerintah saat ini yang secara tegas dan bertahan hanya tinggal Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Karena tak menuntut kemungkinan PAN juga akan masuk dalam koalisi pemerintah dan mendapat jatah menteri (seperti yang pernah terjadi sebelumnya),” pungkasnya.

(sta/rmol/pojoksatu)

loading...

Berita Terkini