Akun TMC Sebar Hoax Lagi, Polda Metro Cuma Bilang Begini

POJOKSATU.id, JAKARTA- Akun twitter @TMCPoldaMetroJaya kerap menimbulkan kekeliruan menyebar informasi. Akun tersebut pernah menuding ambulans milik Pemprof DKI membawa batu untuk para demknstran. Kali ini akun tersebut menyebar berita hoax banjir yang dialamatkan kepada Pemprof DKI.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya menyampaikan permintaan maaf prihal unggahan akun tersebut.

“Karena memang terjadi ada kesalaahan posting kemarin dan dari TMC PMJ sudah minta maaf melalui medsos twitter. Karena memang postingnya di twitter,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (10/2).

Yusri menyebut, pihaknya sudah melayangkan teguran terhadap admin akun TMC. Akan tetapi ia tidak membeberkan bentuk teguran yang dimaksud.


“Kami sudah sampaikan, sudah ada teguran langsung dari Dirlantas karena memang yang bertanggungjawab admin di TMC,” ungkapnya.

Saat ditanya, apakah admin akun tersebut akan diproses secara hukum. Sebab, akun TMC dinilai telah menyebakan informasi hoax. Yusri sendiri belum bisa berspekulasi ke arah sanksi tersebut.

“Ngak bisa kita sanksi langsung. Kita lihat dulu bagaimana ininya, kita periksa dulu,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada hari Sabtu, akun @TMCPoldaMetro menyampaikan informasi bahwa banjir terjadi jalan RE Martadinata dan hanya bisa dilintasi kendaraan besar. Namun, warganet menduga bahwa foto yang ditampilkan adalah sungai bukan jalan.

“08.03 #Banjir di Jl RE Martadinata di kedua arahnya, saat ini hanya bisa dilintasi kendaraan Besar,” tulis akun @TMCPoldaMetro

Bahkan, eks anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Marco Kusumawijaya turut memberi tanggapan melalui akun Twitter pribadinya.

Ia lantas mengatakan, unggahan akun @TMCPoldaMetro tak menutup kemungkinan memang sengaja dibagikan meski memuat informasi keliru.

Maka dari itu, ia mempertanyakan andil oknum provokator di balik unggahan foto tersebut.

“Sangat mungkin ini foto disengaja. Apakah @TMCPoldaMetro kemasukan provokator? @DivHumas_Polri @DKIJakarta,” lanjutnya.

(fir/pojoksatu)