Kejagung Tetapkan Satu Tersangka Baru Jiwasraya, Ini Identitasnya

PT Asuransi Jiwasraya
PT Asuransi Jiwasraya/Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kejaksaan Agung kembali menetapkan status tersangka dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Tersangka baru itu adalah Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto.

Kapuspenkum Hari Setiyono menjelaskan, penetapan tersangka baru tersebut didasarkan atas pemeriksaan enam saksi yang sudah dimintai keterangan sebelumnya.

“Dari hasil yang dilakukan penyidik dan alat bukti, hari ini ditetapkan lagi satu orang tersangka atas nama JHT,” ata Hari kepada wartawan di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (6/2/2020).


Usia ditetapkan sebagai tersangka, Kejagung langsung melakukan penahanan kepada Joko Hartono Tirto sampai dengan 20 hari ke depan.

Dijelaskan, Joko Hartono Tirto pada 2018 lalu, bersama eks Direktur Keuangan Jiwasraya Harry Prasetyo dan eks Kepala Divisi Keuangan Jiwasraya Syahmirwan.

Ketiganya bersepakat menjual saham yang sebelumnya telah dibeli dari grup PT PT Maxima Integra Grup.

Akan tetapi, penjualan atau pengalihan saham tersebut dilarikan ke reksa dana dan lain sebagainya.

“Itu melawan hukum,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menerima surat penyitaan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas puluhan apartemen milik Joko Hartono Tirto.

“(Yang disita) 41 kamar di apartemen South Hills Kuningan. Penyidik sudah menerima ketetapan No.16/pet.pit.Sus/tpk/II/2020/pn.jkt.pst 6 Februari 2020,” ungkapnya.