Sumber Dana Suap Wahyu Setiawan Diperiksa Sampai Ke PDIP, Hasto Terpaksa Blak-blakan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

POJOKSATU.id, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut dugaan suap pengurusan Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg PDI Perjuangan yang menjerat eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan bersama tiga orang tersangka lainnya.

Pelaksana tugas (Plt) Jurubicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi terkait sumber dana suap yang diduga mengalir ke Wahyu Setiawan pada Jumat (24/1).

Salah satu saksi yang dikonfirmasi atas dana tersebut adalah Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Selain itu, ada juga staf DPP PDI Perjuangan Geri, Kusandi, dan Riri. Namun, Riri tidak hadir karena sakit.

“Tentunya seluruh fakta-fakta yang ada dari hasil penyelidikan dikonfirmasi kepada para saksi,” kata Ali Fikri. Namun demikian, Ali enggan merinci apa saja yang didalami penyidik KPK.


Menurutnya, hal itu sudah masuk dalam materi penyidikan perkara.  “Adapun untuk pemeriksaan berikutnya nanti kami akan sampaikan,” ujarnya.

Ali mengatakan bahwa para saksi yang diperiksa tersebut dikonfirmasi juga soal tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari latar belakang masing-masing.

“Semua saksi diperiksa untuk 4 tersangka dan keterangannya adalah masih seputar PAW, mekanisme PAW, terus kemudian bagaimana ada usulan PAW antara tersangka HAR (Harun Masiku) yang diusulkan DPP PDI Perjuangan,” ungkap Ali Fikri.

(sta/rmol/pojoksatu)