Kapolres Jakpus: Rumah Korban Kebanjiran Dipastikan Aman Dari Sasaran Pencurian

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto/net

POJOKSATU.id, JAKARTA- Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto memastikan tidak ada gangguan keamanan selama banjir menerjang beberapa wilayahnya.


Dia mengklaim rumah warga aman dan tidak jadi sasaran pencurian oleh orang tak bertanggung jawab selama ditinggalkan pemiliknya mengungsi.

“Laporan dari Polsek dan Koramil, soal gangguan keamanan tak ada,” ujar dia saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 3 Januari 2020.

Dia menyebut belum ada laporan dari warga sampai hari ini sejak hari pertama banjir pada 1 Januari 2020 lalu.


Heru menambahkan, anggotanya dimaksimalkan untuk menjaga rumah-rumah warga yang kosong. Di setiap Polsek ada posko memantau adanya ancaman kejahatan.

“Sistem pengamanan kami apabila warga mengungsi. Kring serse kami bergerak. Titik-titik yang kira-kira warga meninggalkan rumah akan tetap jaga. Kalau airnya tinggi, kami gunakan perahu karet untuk berpatroli. Kring serse kami muter terus untuk membantu warga,” ujar dia.

Ribuan personel telah dikerahkannya guna membantu warga sejak banjir menyerang sampai hari ini banjir surut.

Meski banjir di wilayah hukumnya dipastikan sudah surut semua, tetap disiagakan perahu karet dan tambang guna mengevakuasi warga sewaktu-waktu banjir terjadi lagi. Apalagi, curah hujan sendiri diprediksi masih akan tinggi.

“Intinya kami maksimalkan personelnya. ada sekitar 1.500 personel kami kerahkan. Ini prioritas kami menyalamatkan warga yang terjebak atau yang lainnya,” kata dia lagi.

(dhe/pojoksatu)