Saat Duet PDIP Bikin Prabowo Nyaris Keok soal Anggaran Kemenhan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalma rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, Senin (11/11/2019). Foto Jawa Pos
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalma rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, Senin (11/11/2019). Foto Jawa Pos

Effendi mempertanyakan bagaimana bisa menjamin itu hanya terbuka kepada Komisi I DPR saja, sementara bahan tertulisnya sudah ada di meja masing-masing anggota.

“Sekretariat juga ada. Saya kira ini kebijakan umum dan APBN kita. Jadi, disampaikan saja bahwa nanti menhan ingin sesuai visi menhan, nanti tertutup. Ini terbuka dan di APBN juga ada. Jadi bukan angka rahasia, Rp 131 (triliun),” ujar Effendi.

Prabowo Subianto kemudian menegaskan dia tidak ada masalah kalau memang harus disampaikan.

BACA: Jokowi dan Surya Paloh Hadirkan Tradisi Baru, Gaya Politisi Negara Demokrasi Maju


Effendi tidak puas. Dia meminta penjelasan apa urgensi rapat awal dibuka untuk umum, tetapi Prabowo terkesan menyembunyikan soal anggarannya.

“Kami ini anggota. Tidak ada kedaulatan pimpinan kelompok fraksi. Apa urgensinya itu kemudian disembunyikan. Ini dipaparkan atau ditutup lebih awal di rapat,” kata Effendi.

Menurut Effendi, anggaran seluruh dunia sekarang ini juga sudah terbuka dan bisa dilihat di website-website.

“Kalau soal anggaran terbuka, tetapi soal kemampuan dan kesiapan itu tidak boleh terbuka. Kesiapan dan kemampuan itu berkaitan dengan anggaran,” timpal Prabowo.

BACA: Mardani: PKS Gak Takut Digembosi Partainya Fahri Hamzah dan Anis Matta

Tak hanya Effendy. Anggota Komisi I DPR Adian Napitupulu juga ikut menginterupsi. Dia berpendapat bahwa sebenarnya persoalan ini tidak perlu diperdebatkan panjang lebar.

“Yang diminta Effendi sederhana, apa yang dipaparkan di sini (di bahan tertulis), dipaparkan lisan juga. Bahwa kemudian pendalaman dibuat tertutup itu tidak persoalan. Ini kan jadi lucu di sini dipaparkan terbuka tetapi tidak mau dibaca, disampaikan,” ujar Adian.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa tidak ada pertentangan besar sebenarnya kalau harus disampaikan secara lisan oleh Prabowo.