Polisi Pacaran Ajak Rekan Sesama Polisi Culik WNA Inggris Minta Tebusan 1 Juta Dolar, Ini Identitasnya

Ilustrasi Polisi
Ilustrasi Polisi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap sejumlah anggota polisi yang terlibat dalam penculikan dan penyekapan terhadap seorang warga negara asing (WNA) asal Inggris, Matthew Simon Craib.


Aksi penculikan dan penyekapan itu dilakukan untuk meminta uang tebusan sebesar USD 1 juta kepada korban.

Dikonfirmasi, Kadiv Propram Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo membenarkan kabar tersebut. Ia menyatakan, untuk kasus pidananya, kasus tersebut ditangani Resmob Polda Metro Jaya.

BACA: Tak Terbitkan Perppu KPK, Mahasiswa Kecewa Jokowi, Ancam Demo Lagi


“Untuk pelanggaran disiplin dan kode etik ditangani Propam Metro Jaya setelah proses penanganan pidana selesai,” kata Sigit ketika dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/11/2019).

Aksi penculikan tersebut bermula dari laporan polisi yang dibuat istri Matthew, Vitri Lugvianty melapor ke Polda Metro Jaya.

Vitri melaporkan hal tersebut setelah sebelumnya suaminya pamit hendak bertemu dengan seseorang untuk urusan suatu pekerjaan pada Selasa (29/9/2019).

Matthew sendiri sempat menyatakan sudah dalam perjalanan pulang sekitar pukul 02.00, Rabu (30/9) dini hari. Akan tetapi, suaminya itu tak kunjung pulang.

BACA: YLBHI Prediksi KPK Bakal jadi ‘Boneka’ Presiden Jokowi, Bisa jadi Alat Kekuasaan

Setelah menunggu, selang sehari kemudian, ia lantas melaporkan dugaan penculikan dan penyekapan suaminya ke Polda Metro Jaya dengan LP No: LP/7002/X/2019/PMJ/Ditreskrimum tertanggal 31 Oktober 2019.

Berdasarkan informasi, oknum anggota polisi yang ikut terlibat dalam penculikan, penyekapan dan pemerasan itu berjumlah empat orang.