Begini Harusnya Kriteria Anggota Kabinet Jokowi-Ma’ruf versi Golkar

Joko-Widodo, Jokowi-Ma’ruf Amin, tiket pesawat, kabinet jokowi-ma'ruf
Presiden Indonesia, Joko Widodo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Siapa yang akan dipilih Presiden Joko Widodo sebagai pembantunya dalam kabinetnya nanti, masih jadi perbincangan menarik. Salah satu partai pengusung, Jokowi-Ma’ruf Amin menetapkan kriteria yang harusnya jadi acuan memilih menteri.

Ketua DPP Partai Golkar Tb Ace Hasan Syadziliy berharap Jokowi tidak salah memilih calon pembantunya. Para menteri yang ditunjuk harus mengerti betul visi misi Nawacita.

Demikian disampaikan Ace Hasan dalam acara diskusi publik Polemik bertajuk “Teka-teki Menteri dan Koalisi” di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

“Tentu harapannya bahwa pembantu beliau orang yang ngerti terhadap visi misi Jokowi yang disampaikan di Pilpres 2019. Misalnya Nawacita jilid II,” kata Ace.


Anggota DPR ini kemudian mencontohkan salah satu pos kementerian yang harus diisi oleh orang yang mumpuni di bidangnya untuk bisa menghadapi tantangan Indonesia ke depan.

“Harapannya kami inginkan figur tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ada, misalnya tantangan ekonomi,” ujar Ace.

Kendati begitu, Golkar tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi yang mempunyai hak prerogratif untuk menentukan susunan kabinet.

“Golkar dari awal menyerahkan sepenuhnya ke Presiden,” ucap Ace, dikutip Pojoksatu.id dari Rmol.

Golkar, lanjut Ace, akan selalu mensupport apapun hasil pilihan Presiden Jokowi nantinya.

“Kami enggak dalam kapasitas menawarkan diri. Jika diminta Golkar berikan nama terbaik,” tutupnya.

Selain Ace, hadir sejumlah narasumber lain. Yaitu, politisi PDI Perjuangan Andreas Pariera, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, pengamat politik Hendri Satrio, dan pengamat politik M. Qodari.

(fat/pojoksatu)