Jokowi Perlu Belajar pada Dua ‘Orang Tua’ Ini Redam Gejolak Papua

Presiden Jokowi bertemu tokoh perwakilan Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).
Presiden Jokowi bertemu tokoh perwakilan Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo disarankan untuk menggelar diskusi dengan tokoh senior bangsa guna mencari solusi dalam meredam gejolak yang terjadi di Papua.


Politikus Demokrat Andi Arief mengatakan, Indonesia memiliki dua tokoh yang berpengalaman dalam menangani konflik di Indonesia, mereka adalah Presiden Keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Keduanya, menurut Andi, berpengalaman dalam meredam konflik yang sempat terjadi di berbagai daerah di masa kepemimpinan mereka.

“Pak Jokowi, kita masih punya dua orang tua, Pak SBY dan Pak Jusuf Kalla yang pernah menyelesaikan berbagai konflik dari Ambon, Poso, Sampit, Aceh dan lainnya. Keduanya berpengalaman, ada baiknya ajak keduanya berbicara atas apa yang terjadi di Papua saat ini,” begitu disampaikan Andi, Minggu (29/9).


Seperti diketahui, sebulan terakhir Papua diwarnai gejolak yang berujung pada pengerusakan fasilitas umum dan jatuhnya korban jiwa, terakhir terjadi kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Dalam kerusuhan di Wamena, 32 orang tewas. Sebagian besar korban tewas ditemukan dalam keadaan hangus terbakar, yang lainnya ada yang terkena sabetan benda tajam, panah, dan juga luka akibat benda tumpul.

(sta/rmol/pojoksatu)