Firli Bahuri Ketua KPK, Sebentar Lagi Oknum WP KPK Game Over

Simbolis penutupan logo 'KPK' oleh pegawai hingga pimpinan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (8/9). (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)
Simbolis penutupan logo 'KPK' oleh pegawai hingga pimpinan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (8/9). (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Komisi III DPR RI resmi menetapkan Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Terpilih periode 2019-2023.

Sedangkan empat wakil ketua adalah Nawawi Pamolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron dan Alexander Marwata.

Kelimanya ditetapkan melalui mekanisme voting di Ruang Komisi III, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9) dini hari.

BACA: Firli Bahuri Tegaskan Tujuan Pemberantasan Korupsi Bukan untuk Penjarakan Koruptor


Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengapresiasi kerja Komisi III DPR RI.

Menurutnya, para wakil rakyat itu tidak terpengaruh bisikan manuver pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, baik di internal maupun eksternal KPK.

Demikian disampaikan Neta S Pane kepada PojokSatu.id saat dihubungi, Jumat (13/9/2019).

“Ini menunjukkan bahwa Komisi III sangat menghargai kinerja pansel KPK yang sudah bekerja keras melakukan proses dari ratusan orang yang mendaftar menjadi Capim KPK,” katanya.

BACA: Firli Bahuri jadi Ketua KPK, Saut Situmorang Mundur: Pasti Pernah Sebel Bingit Sama Saya

Terpilihnya Firli juga menunjukkan bukti profesionalitas Komisi III dalam memutuskan pimpinan lembaga antirasuah itu.

“Semua kerja keras pansel dan Komisi III dalam memilih pimpinan KPK periode baru ini patut dihargai semua pihak,” ungkapnya.

Karena itu, pihaknya berharap Firli dan keempat komisioner lainnya tidak perlu menanggapi oknum-oknum KPK yang membully, oknum penasehat, oknum Wdah Pegawai (WP), maupun pegawai KPK.

BACA: 5 Pimpinan KPK Terpilih, Publik Jangan Berharap Banget yah

Bahkan, kalau bisa sedapat mungkin rangkul mereka dan ajak kerjasama agar terbangun soliditas di KPK.

“Mereka toh sebentar lagi oknum KPK itu akan game over. Firli cs juga tak perlu menanggapi sikap ‘mabuk’ oknum penasehat, oknum WP maupun pegawai KPK,” pungkasnya.

Sebelumnya, Firli Bahuri berjanji akan memperbaiki internal KPK ke depannya. Karena itu, ia mengakui bakal banyak yang harus dikerjakan dan dilakukan.