Nawawi Pomolango Kritik KPK: cuma Slogan KPK yaitu Indonesia Bersih, Sampai Kapan?

Capim KPK Nawawi Pamolonga. Foto net
Capim KPK Nawawi Pamolonga. Foto net

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sebuah pertanyaan krusial diberikan kepada calon pimpinan KPK, Nawawi Pomolango. Tapi tak ada jawaban pasti dari dirinya.

Nawawi Pomolango menjalani fit and proper test yang dilakukan Komisi III DPR, Rabu (11/9).

Dalam sidang tersebut anggota Fraksi Partai Demokrat, Didi Mukriadi bertanya mengenai target KPK untuk membebaskan Indonesia dari jeratan korupsi.

BACA: Muncul Petisi Tolak Revisi UU KPK, Ini Isinya


“Soal target, saya tertarik dengan ini. Saya belum tahu di KPK ada semacam cetak biru. Biasanya satu lembaga itu punya cetak biru,” ungkap Nawawi, Rabu (11/9).

Dia pun mencontohkan Mahkamah Agung yang memiliki blue print dalam menargetkan sebuah rencana untuk dilakukan sesuai dengan aturan.

“Dengan model kerja KPK seperti saat ini, kita nggak bisa mematok berapa lama lagi KPK (Indonesia) ini bisa bersih dari korupsi,” katanya.

BACA: Alasan Nawawi Pamolonga Setuju Revisi KPK: Jangan Ada Lagi RJ Lino baru

“Nggak ada, yang ada cuma slogan KPK yaitu Indonesia bersih. Sampai kapan? Wallahu Alam,” tegas Nawawi.

Menurut Nawawi, dengan kepemimpinannya mendatang, jika terpilih jadi Pimpinan KPK, dia akan menghitung lebih rinci kapan Indonesia terbebas dari korupsi.

“Kami harus mengkaji sudah sampai di mana perjalanannya ini. Kalau perjalanannya seperti treadmil sampai kapan saya bisa sampai ke situ, 10 tahun belum tentu,” tuturnya.

BACA: Setuju Revisi UU KPK, Capim KPK, “Jangan Gantung Orang sampai Mati Dia Tersangka gitu”

“Kalau dia berjalan seperti orang sempoyongan pulang dugem, kapan nyampe di titik rumahnya gitu. Kami harus menghitung itu, kalau saya salah satu di antara lima (Pimpinan KPK) itu saya akan melihat itu,” pungkas Nawawi.

(rmol/ruh/pojoksatu)