UAS Tegas Tolak Minta Maaf: Ini Ajaran Saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) ,menyampaikan keterangan usai menemui pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait ceramahnya soal patung dan salib. Foto RMOL
Ustadz Abdul Somad (UAS) ,menyampaikan keterangan usai menemui pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait ceramahnya soal patung dan salib. Foto RMOL

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ustadz Abdul Somad sepertinya tak akan mau menyampaikan permintaan maaf terkait video ceramahnya yang viral lantaran dianggap melukai umat Kristiani.

Video ceramah tentang patung dan salib itu sendiri akhirnya berujung pada laporan polisi yang dilayangkan sejumlah pihak.

Hal itu ditegaskan UAS kepada wartawan dalam konferensi pers di gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Rabu (21/8).

BACA: Ini 5 Poin Penjelasan UAS ke MUI soal Ceramah Patung dan Salib, Lengkap


Dalam kesempatan itu, UAS kembali menekankan bahwa penggalan video tersebut merupakan momen saat dirinya menjawab pertanyaan dari peserta kajian.

Penceramah kondang itu juga membantah bahwa ceramahnya itu merupakan tema kajian dan bukan merupakan inti permasalahan yang dibahas.

Video itu sendiri diakuinya terjadi saat ia memberikan kajian di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Riau.

“Setiap Subuh Sabtu. Satu jam materi setelah itu tanya jawab. Ketika itu lah ada masyarakat yang bertanya lalu saya jawab. Maka video itu adalah menjawab pertanyaan,” jelasnya.

BACA: Ekspresi Ustaz Abdul Somad Cuma Begini Tiba di Kantor MUI, Tertunduk Langsung Ke Lantai Dua

Apa yang ia sampaikan itu juga merupakan jawaban dari pertanyaan jamaah yang disampaikan UAS berada di tengah umat Islam serta berada di ruang tertutup.

“Hanya ada beberapa jamaah yang hadir pada kajian tersebut,” katanya.

Dia juga membantah bahwa momen dalam video itu merupakan bagian dari siaran stasiun televisi nasional.