Ini 5 Poin Penjelasan UAS ke MUI soal Ceramah Patung dan Salib, Lengkap

Ustadz Abdul Somad (UAS) ,menyampaikan keterangan usai menemui pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait ceramahnya soal patung dan salib. Foto RMOL
Ustadz Abdul Somad (UAS) ,menyampaikan keterangan usai menemui pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait ceramahnya soal patung dan salib. Foto RMOL

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ustadz Abdul Somad (UAS) akhirnya memenuhi undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memberikan klarifikasi ceramah soal patung dan salib yang dianggap menistakan umat Kristiani.

Kepada wartawan, UAS mengaku menyampaikan lima poin kepada pimpinan MUI.

Pertama, UAS menyampaikan kedatangannya untuk bersilaturahmi kepada pimpinan MUI Pusat lantaran dia juga merupakan anggota Komisi Fatwa MUI Provinsi Riau.

BACA: Ekspresi Ustaz Abdul Somad Cuma Begini Tiba di Kantor MUI, Tertunduk Langsung Ke Lantai Dua


“Silaturahim antara ustaz-ustaz di daerah dengan alim ulama di pusat. Alhamdulillah silaturahim kali ini berjalan dengan baik,” ucap UAS.

Kedua, UAS juga menjelaskan kronologi sebenarnya terkait video yang viral yang disebutnya merupakan penggalan.

“Saya sebagai warga negara yang baik ingin menjelaskan, jangan sampai masyarakat menjadi hiruk pikuk disebabkan oleh isu di media sosial,” lanjutnya.

Ia kembali menekankan bahwa penggalan video tersebut merupakan momen saat dirinya menjawab pertanyaan dari peserta kajian.

BACA: Ustaz Abdul Somad Bakal Jelaskan Video Salib Ke MUI Sore Ini, Umat Diminta Sabar

Penceramah kondang itu juga membantah bahwa ceramahnya itu merupakan tema kajian dan bukan merupakan inti permasalahan yang dibahas.

Video itu sendiri diakuinya terjadi saat ia memberikan kajian di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Riau.

“Setiap Subuh Sabtu. Satu jam materi setelah itu tanya jawab. Ketika itu lah ada masyarakat yang bertanya lalu saya jawab. Maka video itu adalah menjawab pertanyaan,” jelasnya.