Sorong Kembali Bergejolak, Anggota Dihujani Batu, Mabes Polri Klaim Sudah Kondusif

Kerusuhan manokwari, kerusuhan Papua
Kerusuhan massa di Manokwari, Papua Barat.

POJOKSATU.id, JAKARTA- Beredar video di media sosial kerusuhan kembali pecah di Sorong Papua. Dalam video itu aparat kepolisian dikejar massa rakyat Papua hingga lari terbirit- birit sembari dilempari batu oleh para demonstran.


Aksi itu kembali pecah diduga kerena emosi rakyat Papua masih belum terobati. Belum lagi akibat dari kemarahan rakyat Papua atas tindakan rasisme yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menegaskan, anggota di lapangan sudah melakukan negosiasi dengan para massa sehingga keadaan di lapangan kembali kondusif sedia kala.

“Sudah kondusif sudah diatasi oleh aparat di sana,” kata Dedi saat dikonfirmasi Pojoksatu, Selasa (20/8).


Melihat isi video tersebut kepolisian dilempari batu, mantan Wakapolda Kalteng itu belum bisa membeberkan secara rinci terkait adanya korban baru terhadap insiden tersebut.

“Nanti kita update lagi ya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, aksi Manokwari, Papua Barat terjadi pada Senin pagi (19/8). Aksi itu dipicu sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh. Bahkan sejumlah kantor pemerintah dibakar massa.

(fir/pojoksatu)