Gandeng Berbagai Unsur, Dirjen Hubdat Ajak Masyarakat Pelihara Rambu Lalu Lintas

Kegiatan ini berpusat di Taman Riung Gunung, Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).
Kegiatan berpusat di Taman Riung Gunung, Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).

POJOKSATU.id, Bogor – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggandeng Korlantas Polri, Jasa Raharja, 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) se Indonesia, serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Dinas Perhubungan menggelar Gerakan Nasional Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (Sipantas Jalan).


Kegiatan ini berpusat di Taman Riung Gunung, Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).

“Dalam rangka Peringatan Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia juga menyambut Hari Perhubungan Nasional kita adakan Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (Sipantas Jalan) untuk membersihkan perlengkapan jalan se Indonesia. Kenapa kita lakukan? Karena Pemerintah sudah membangun 66.500 rambu-rambu di seluruh Indonesia namun kita lihat di beberapa tempat ada guardrail kita yang sudah tertutup pohon, atau tidak bersih dan tidak layak. Saya mendorong semua aparat Perhubungan, juga masyarakat untuk mulai memperbaiki dan memelihara perlengkapan jalan jangan sampai rusak sebelum waktunya,” demikian dijelaskan Dirjen Budi melalui sambutannya dalam seremonial Sipantas Jalan di kawasan Puncak.

Secara serentak pada 13 Agustus ini, seluruh BPTD yang ada di Indonesia melaksanakan Sipantas Jalan di wilayahnya masing-masing dengan mengundang masyarakat setempat dan perwakilan instansi terkait seperti kepolisian, Dishub, maupun Jasa Raharja.


Sementara itu dalam pelaksanaan seremonial di kawasan Puncak tersebar dalam 8 titik yaitu: Ciloto, Masjid At-Taawun, Taman Riung Gunung, Taman Safari, Jalur Penyelamat, Kebun Teh Gunung Mas, Megamendung, dan Gadog.

“Apa yang kita lakukan semoga mengedukasi masyarakat bahwa marka, rambu, guardrail, delineator semuanya adalah untuk keselamatan lalu lintas. Mudah-mudahan acara ini tidak cuma seremonial saja, tapi akan jadi gerakan secara nasional dan dilakukan tiap tahun berturut-turut, minimal dapat mengedukasi masyarakat luas dan menggerakkan banyak orang untuk memelihara rambu lalu lintas,” kata Dirjen Budi menguraikan harapannya atas kegiatan Sipantas Jalan.