Bule Cebok Pakai Air Suci, Gubernur Bali: Pulangin Saja Dia

Bule cebok di air suci Pura
Bule cebok pakai air suci Pura di Bali

POJOKSATU.id, BALI – Aksi sepasang bule cebok pakai air suci di Pura Beji, Gianyar, membuat warga Bali geram, tak terkecuali Gubernur Bali, Wayan Koster.

Menurut Koster, walaupun warga Desa Pakraman menyatakan permasalahan itu sudah selesai, namun baginya masalah ini belum selesai.

Potensi kejadian serupa berpeluang kembali terjadi di Bali. Karenanya, tindakan pelecehan seperti itu tidak boleh dikompromikan.

“Dengan dikompromikan begitu saja, lantas disuruh guru piduka atau apa, minta maaf, di situ selesai. Tapi, buat saya ini belum selesai,” kata Gubernur Koster kepada awak media usai rapat paripurna di DPRD Bali, kemarin (13/8).


Menurut Koster, kalau ada wisatawan yang melakukan pelecehan tempat suci seperti itu lebih baik langsung dipulangkan.

Tindakan sama juga berlaku untuk bentuk pelanggaran lain yang dilakukan wisatawan asing di Bali.

“Pulangin aja dia, sudah tidak tertib datang ke Bali. Kita akan warning begitu,” tegasnya.

BACA: Bule yang Cebok Pakai Air Suci Pura di Bali Minta Maaf, Niluh Djelantik: Pembohong dan Benalu 

Sebelumnya, video sepasang bule, Sabina Dolezalova dan Idenek Slavka cebok di tempat suci viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, tampak sepasang kekasih itu berdekapan dan berkumunikasi dengan perempuan yang merekam menggunakan kamera telepon selular.

Sejurus kemudian, Sabina mengangkap rok pendeknya dan menungging. Sementara, Idenek mengambil air suci dari palinggih untuk menceboki Sabina.

Usai melakukan aksi tersebut, keduanya pun tampak tertawa-tawa. Disebutkan, video itu diambil di Pura Beji Monkey Forest, Ubud, Gianyar.

Setelah viral dan mendapat kecaman, keduanya lantas menyampaikan permintaan maaf melalui video yang diunggah di Insta Story akun Instagram masing-masing.

Keduanya berdalih, tidak mengetahui bahwa tempat tersebut adalah tempat suci.

Akan tetapi, warganet membongkar bahwa dalih itu adalah kebohongan. Paslnya, terdengar jelas dalam video bahwa mereka mengetahui bahwa tempat itu adalah tempat suci.

(one/ruh/pojoksatu)