Polisi Sebut Penyerangan Suporter PSM Makasar di Tebet, Dilakukan Oleh Pendukung Persija

POJOKSATU.id, JAKARTA- Penyerangan terhadap suporter PSM makassar yang menggelar acara nonton bareng laga kedua final Piala Indonesia melawan Persija Jakarta di Kafe Komandan, Tebet, Jakarta Selatan diduga dilakukan oleh pendukung Persija Jakarta.

Dugaan ini muncul karena, pasca pertandingan mengeluarkan PSM Makassar jadi pemenang, pendukung PSM yang menggelar nobar lantas merayakan di lokasi nobar. Saat itu, ada suporter Persija melintas.

“Dari pihak PSM di dalam ada yg berjoged-joged dan ada diduga suporter Persija yang melintas itu kelihatan melakukan pelemparan,” jelas Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Indra Jafar.

Beruntung polisi yang bersiaga di lokasi cepat menghalau. Kapolres menyebut, acara nobar di sana sebenarnya tak memberikan surat pemberitahuan, tapi mengingat lokasi nobar ada di tempat terbuka, pihak kepolisian tetap menyiagakan personelnya.


Polisi sendiri sempat menembakan gas air mata guna membubarkan pendukung kedua tim yang terlibat bentrok. Diperkirakan ada sekitar 30 pendukung PSM yang ikut nobar di sana, sementara untuk jumlah pendukung Persija yang melintas di lokasi belum bisa diperkirakan jumlahnya.

“Kepolisian melakukan langkah-langkah memberikan tembakan gas air mata agar bisa membubarkan diri. Setelah itu kita imbau masuk ke dalam dan dari warga sekitar, dari RW juga mencoba membantu petugas agar situasi bisa lebih kondusif,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, tidak ada pendukung yang diamankan dalam kejadian ini. Tidak ada korban akibat bentrokan yang terjadi selama kurang lebih 10 menit itu, tapi satu buah mobil milik pendukung PSM rusak akibat terkena lemparan baru.

Di lokasi sendiri hingga menjelang malam masih siaga guna mengantisipasi hal-hal yang tak diingikan. Tempat kejadian sendiri sudah diberi garis polisi.

“Jadi kita persilakan yang bersangkutan datang ke Polres Jaksel untuk melapor untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” kata Kapolres.

(dhe/pojoksatu)