Fakta Terbaru Penyebab Padamnya Listrik, Pohon Sengon Ternyata Berada di Area Tanah PLN

Brigjen Dedi Prasetyo
Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo

POJOKSATU.id, JAKARTA-Tim Mabes Polri terus melakukan penyelidikan penyebab padamnya aliran listrik di hampir seluruh Pulau Jawa pada Minggu (4/8).


Dugaan awal, penyebab padamnya listrik akibat adanya pohon yang melebihi batas Right of Way (ROW) setinggi 8,5 meter dan mengakibatkan loncatan listrik atau flash disertai bunyi ledakan.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya menduga pohon sengon yang menjadi penyebab matinya listrik di Jabodetabek karena pohon tersebut berada di area PLN.


“Itu baru dugaan awal. Dan pohon tersebut berada di area tanah PLN,” kata Dedi saat dikonfirmasi Pojoksatu, Rabu (7/8).

Menurut Dedi, dari hasil keterangan yang diberikan petugas UPT Ungaran. Di tempat itu, yakni Desa Malon, Gunung Jati, didapati beberapa pohon yang sudah ditebang karena berada di bawah jaringan tegangan tinggi.

“Dari hasil keterangan petugas UPT PLN ungaran. Untuk hasil keseluruhan menunggu investigasi tim pusat secara komprensip,” ungkap Dedi.

Sebelumnya PLN mengungkapkan awal mula terjadinya pemadaman listrik serentak di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten akibat gangguan pada transmisi di Ungaran-Pemalang.

PLN meminta maaf seluas-luasnya kepada seluruh pelanggan PLN yang telah mengalami kondisi yang tidak menyenangkan pada hari Minggu (4/8) terkait dengan pemadaman yang terjadi sejak pukul 11.45 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

(fir/pojoksatu)