Bukan Luhut, Tahu Gak Kenapa Budi Gunawan Selalu Muncul di Momen Mega dan Jokowi?

Kabin Budi Gunawan berada di tengah-tengah pertemuan Megawati dan Prabowo/Ist.
Ka BIN Budi Gunawan berada di tengah-tengah pertemuan Megawati dan Prabowo/Ist.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan menyita perhatian publik yang belakangan aktif dalam dua pertemuan politik penting.


Pria ikonik dengan nama BG ini hadir dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Stasiun MRT, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/7) lalu.

Kini, BG kembali muncul pada pertemuan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo di kediaman Mega, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu (24/7).

Soal kehadiran BG ini, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut dia bertanggung jawab menjaga kondusifitas negara pasca Pemilu. Sehingga, kehadirannya memang sangat penting.


“Sejak awal kan namanya seluruh badan-badan negara itu juga punya tanggung jawab pasca pemilu untuk membangun semua suasana kondusif,” ujar Hasto yang hadir dalam pertemuan Mega.

Hasto menyebut pada dasarnya menjaga keutuhan bangsa menjadi tanggung jawab semua pihak. Terlebih, posisi BG sebagai pimpinan lembaga yang berkaitan dengan keamanan.

Saat ditanya soal desas-desus BG menjadi kader PDIP dengan aktifnya dia di pertemuan penting itu, Hasto tegas membantah.

“Oh bukan. Kader itu kan ber-KTA dan itu telah mengikuti program kaderisasi dan beliau enggak pernah,” tandasnya.

Isu kemunculan BG di berbagai momen penting Jokowi dan Mega memang terus mengundang tanya seiring meredupnya peran Luhut Binsar Pandjaitan yang biasanya kerap diandalkan sebagai komunikator politik penguasa.

Meski mudah saja dibantah lantaran posisi Luhut yang hanya sebagai Menko Kemaritiman kalah strategis dibandingkan BG yang memegang kendali informasi rahasia negara. Namun tentu perannya yang baru-baru ini tampil ke permukaan cukup menjadi bahan pertanyaan.

(sta/rmol/pojoksatu)